Monday, April 04, 2016

Lost world (Mungkin saya tersesat)

Ya gini ini kalo udah fakir internet, apalagi di kamar internet kaya di dalem goa. Yaudah ngetik di teras. Ditemenin sama langit gelap, nyamuk berdenging, sama suara truk sliweran samar-samar.

Biasanya jam segini setengah tahun lalu ya main dota, apalah, streaming, ngenet cari bahan kuliah, ngerjain tugas, baca ini itu. Lha sekalinya di sini, ya kaya gini ini, sepi, sunyi, mau kena internet ya ke teras. Subhanallah. Ya sudahlah, gegara cari kos murah, biar blajar hemat, sekalian ngatur pengeluaran satu-satu (rencana pasang net wifi). Ya moga dalam seminggu udah kepasang net nya. 

So where am I?
Above the earth, below the star
We still see same sunrise and sunset
We still see a glowing day and chilly night
We still see fearfull  life, but have to fight
This is life,
and where we still appear

One day we disappear
Just leaving a memory,
usefullness for life
Lets fight when we exist

***

Blah-blah-blah, skip this.

Lets start new material, this is CPOB (Cara Pembuatan Obat yang Baik). Ini semacam panduan yang umumnya dipelajari oleh mahasiswa farmasi, soalnya isinya terkait sama pembuatan obat skala industri. Biasanya panduan ini diikuti oleh industri supaya obat yang diproduksi itu sesuai dan sejalan sama peraturan yang dibuat sama pemerintah. Tujuan secara umum CPOB ini ya itu, memastikan bahwa mutu obat yang dihasilkan (oleh industri) sesuai dengan persyaratan dan tujuan penggunaan.

Mungkin pada bertanya-tanya, kenapa kok harus diatur? Why it should be controlled by such regulation. Why it is just released to the market?

Banyak alesannya, tapi yang pertama dan utama ya kualitas, dan keamanan tu produk buat konsumen. Ga mau dong kalo pada makek obat udah kadaluarsa yang ujung2nya malah tambah parah sakitnya? Ga mau juga dong makek obat yang gak jelas komposisi dan kualitasnya? Bahaya kan, nah makanya perlu ada regulasi buat mengatur ini semua. Mulai dari pembuatan pabrik, bahan baku, proses pembuatan, dan penjagaan kualitas dan mutu diatur di CPOB ini.

Apakah saya sudah master? Sama sekali belum, saya pun sama-sama sedang belajar soal ini, mari belajar bareng-bareng. Buat apa ilmu tinggi-tinggi tapi ga ada kebermanfaatan. Ya sementara ini saya cuma bisa share dikit aja.

Dengan asumsi bahwa versi pdf nya aja ada di google (versi 2012), ga masalah dong kalo saya bantuin share juga. Kali aja ada yang pengen mempelajari buat kuliah, ujian, dan bahkan buat kerja.


Oke, ketemu lagi next time.

1 comment:

Silahkan berkomentar. .