Wednesday, June 29, 2011

Wejangan (Nasehat) dari Eyang

(Dimulai dengan salam)
Assalamualaikum. . . !

Nah, sungguh aneh rasanya, padahal gak ada 6 jam lalu baru kelar bikin satu tulisan, eh sekarang kok ya pengin nulis lagi. Ya maaf yaa. .mumpung (bukan mumpung sih, tapi menggebu-gebu) masih melekat di benak dan di bagian belakang kepala ini, ya mending aku share kan sekarang. Rugi deh kalo udah keburu lupa.

Jadi gini ceritana, setelah ngebikin tulisan yang tadi siang itu aku kan kudu pergi buat ngasihin undangan nikahan ke saudara (Eyang), weeeew. . .baru sekali kesana, jadinya tadi ngebuang waktu hampir setengah jam buat muter-muter area tempat eyangku berada itu. Menyerahlah. .akhirnya sms eyang. Sembari menanti balasan, mengingat-ingat memori masa lalu. . . ya disitulah, aku pernah pergi motoran sama mami tersayang buat ngejenguk eyang duluu banget 2 tahun lalu mungkin. Ya tersenyum dalam hati aja deh. Hehe =)

Taraaaa. .dibales, dan aku pun datang ke rumahnya. Pertamanya agak takut, karena eyang kan punya sakit jantung, dan udah lama. Takutnya ntar ngeliat aku, kaget, trus kenapa-kenapa. Taraaaa. .alhamdulillah beliau baik-baik saja, meskipun beliau emang kaget sih, karena sebelumnya belum pernah ngedengerin suara motorku. Kita pun duduk dan bercengkrama. Topik pembicaraan sih jelas, mulai bagaimana aku pasca ditinggal mama, bagaimana keluarga, bagaimana sodara-sodaraku, dan akhirnya sampai pada sebuah cerita yang memotivasi, seakan-akan kedatanganku disana sudah merupakan takdir bagiku untuk merefresh kembali motivasi-motivasiku.

“Jadi gini isnan, eyang itu udah divonis sakit jantung koroner stadium 2 sejak tahun lalu. Waktu itu eyang ya takut, eyang ya sedih, eyang kehilangan motivasi. Dan dengan segala ketakutan yang ada, akhirnya eyang jadi sangat menjaga diri dari capek, buang-buang tenaga, dan lain-lain. Eyang patuh sama nasihat dokter, tapi apa ya cukup sampai situ? Nggak nan, eyang tu ya belajar buat mengerti penyakit eyang sendiri, gimana tanda-tanda kalau waktu mau kumat, ikut olahraga senam jantung, nyari obat herbal, nyari obat cina, semakin sering doa dan ibadah. Dan akhirnya liat eyang sekarang, udah beda dari keadaan 6 bulan yang lalu. Motivasi eyang itu satu, masih kepingin HIDUP.”

“Orang ya nan, kalau gak punya motivasi, hidupnya jadi kekurangan feel nya. Apa yang dia lakuin kayak tanpa tujuan, hidupnya kacau, usaha buat meraih suatu tujuan gak ada. Jadi nan ya, sekarang kan kamu udah ditinggal mama toh? Kudu mikirin papa, belum juga urusan pendidikanmu. Dah sekarang kamu fokusin ke kuliah aja, urusan papa biar dipikirin sama masmu yang paling tua, dan keluarga-keluarga yang lain. Pakek istilah eyang ini ya, ‘KACAMATA KUDA’. Udah, gak usah liat ke belakang lagi. Fokus sama tujuan yang kudu dicapai sekarang. Tujuanmu sekarang lulus kan, sekarang BELAJAR yang rajin dan jangan lupa banyak IBADAH!”

“Nan, kamu itu masih beruntung lo. . Ada mama sampai umur sekarang. Eyang dulu waktu lahir, ayah sudah meninggal. Dan waktu umur 15 tahun ibu meninggal. Eyang memang sedih, tapi tahu gak nan. Itu COBAAN, dan dari situ ada HIKMAH. Semenjak itu eyang jadi oang yang KUAT dan GAK RAPUH. Eyang menjadi orang yang KERAS. Dan eyang yakin nan, hal yang sama akan ada di kamu juga nan. Kamu pasti menjadi orang dengan pribadi yang baik, kuat, dan lebih daripada orang-orang lainnya. Kamu diajarkan ketabahan dari sini, kamu diajarkan merasakan sebuah kehilangan dan bagaimana menyikapinya. Tidak sebatas kehilangan, ini adalah kehilangan sesuatu yang sangat BERHARGA. Jangan jadikan cobaan ini sebagai pelemah semangat nan, jadikan cobaan ini sebagai CAMBUK dan MOTIVASI untuk mendapatkan apa yang kamu inginkan! Setiap kamu ingat mama, semangat lagi, doakan lagi, perbaiki lagi apa yang masih belum baik, dan lain-lain.”

Dan aku pun hanya mengangguk, memberikan sedikit komentar, dan lebih banyak mendengarkan saja. Aku teguk teh hangat itu, aku makan srabi solo itu. Dan dalam hati berpikir “Subhanallah, dengan setengah jam aku tersesat, aku tetap melanjutkan amanat itu, dan kini aku mendapatkan 3 jam penuh nasihat yang mungkin jarang aku dapatkan. Terima kasih Ya Allah. . Memang jalanmu sungguh indah, meski aku tidak pernah tahu apa yang ada di ujung jalan yang Engkau pilihkan itu.”

Yup, cuma itu aja. .diterka-terka aja, soalnya pendapat seseorang setelah membaca suatu bacaan bisa beda-beda.
“Suatu awal pasti ada akhir, dan akhir itu bukan akhir dari segalanya. Suatu akhir mengawali sesuatu yang lain.”
“Jangan pernah kehilangan motivasi”
“Bersilaturrahmilah kepada teman dan saudara, karena kamu tidak tahu apa yang ada di balik kunjunganmu itu.”
“Bersabarlah dalam menghadapi cobaan”
“Tersenyumlaaah”
“(Agak jauh dari cerita) kalau ada ide atau sesuatu yang ingin disampaikan atau diingat-ingat lebih lama, akan lebih baik kalau itu semua segera ditulis. Sebelum kamu lupa dan kehilangan sesuatu yang bermanfaat darinya.”

Ya udah gitu aja. Sedang ndak kepingin geje nih
Wassalamualaikum
(dijawab yaa. .dalam hati aja)



4 comments:

  1. Equal time setting up borrowing products tend to be a sort of pay day loans offered for the week time period through urgent
    situation conditions. These people don’t demand
    that proof situations’ unexpected emergency,
    nor they must be given surety, history of credit nor other stuff.
    Perhaps you may approach a holiday, some crucial expenses or maybe even include your enterprise fees – Same exact moment
    setting up lending options will let in any scenarios.
    Nowadays all these loans can be found on the
    internet.

    My weblog; pożyczki bez bik

    ReplyDelete
  2. Comparable evening setting up funds really are a type of online payday loans available for the four week period timeframe during unexpected emergency predicaments.
    They will don’t require any proof of situations’ emergency, niether they might need surety, credit standing or other stuff.
    You'll prepare if you want a, various crucial expenses or perhaps covers your organization costs – Similar day time payments lending products will let you in any circumstances. At present these mortgages are available on line.

    My site: pożyczka bez bik

    ReplyDelete
  3. Equal morning payments personal loans usually are a sort of payday cash advances presented for your thirty
    days period of time on urgent cases. People don’t
    will need all the evidence of situations’ critical, neither needed
    surety, credit report nor other stuff. You'll plan a holiday, some fundamental purchases or perhaps take care of your internet business bills – Exact same evening installation loans just might help you in different situations. Today all of these lending options are available on-line.

    Also visit my homepage ... pożyczki pozabankowe

    ReplyDelete
  4. Same day payments fiscal loans are generally a type of
    fast payday loans offered for a 4 weeks time
    for urgent instances. Many people don’t need any proof of
    situations’ urgent situation, nor they are worth
    giving surety, history of credit nor other
    stuff. Perhaps you may arrange a vacation, some critical acquisitions or perhaps cover your company costs – Same afternoon
    set up funds will allow you in any scenarios.
    Currently these borrowing products are available via the internet.


    Stop by my site kredyty bez bik

    ReplyDelete

Silahkan berkomentar. .