Saturday, June 11, 2011

Mari Menulis Lagi!! (Recovery)

Huua. .gara-gara kemarin kok dikasi tugas makalah, ada tugas laporan praktikum lapangan, ada juga tugas laporan praktikum anggrek, mindsetku tentang menulis dan mengetik mulai berubah. Ternyata menulis itu menyenangkan.Banyak banget yang aku rasakan kemarin saat menulis, ya meskipun sebagian dari konten tulisanku memang hasil copy paste.

1.    Aku bener-bener bias mengekspresikan apa yang ada di pikiranku ini. Jadi ga cuma jadi uneg-uneg ga jelas aja di pikiran, tapi jadilah sebuah laporan, yang dikumpulkan, yang kemudian dibaca oleh entah siapa, dan mungkin ada juga yang dapet manfaat dari apa yang aku tulis itu. Meskipun agak sangsi juga sih, kemungkinan juga itu tulisan akan berakhir di tukang loak atau jadi abu karena dibakar. Hahahaha. Tapi poin paling penting adalah setelah menulis itu pikiran jadi amat sangat plong sekali.

2.    Sering dalam semester 4ku ini kita mahasiswa biologi diberi tugas dengan berbagai jurnal, yang kemudian direview. Memang sebenernya kita dikasih kesempatan untuk memilih baik jurnal bahasa Indonesia ataupun jurnal bahasa inggris. Hmm. .dan gatau kenapa aku lebih senang dengan jurnal bahasa inggris. Bukannya nyombong sih, tapi karena di jurnal bahasa inggris itu aku ga bias asal ngereview. Pasti harus dibaca, diartikan, dipahami, dicari korelasinya dengan metode-metode yang sudah kita kenal, kemudian kita rangkum dalam sebuah review sederhana dan terakhir kita diskusikan bersama hasil jurnal kita itu. Seru kan?? Seakan-akan kita lah penulis jurnal itu, kita berhasil membuat sebuah publikasi dan kemudian kita sharekan ke teman-teman. Ada rasa senang saat berbagi ilmu. Hohohoho. (tapi kok jadi ngelantur ya. .). Jadi intinya, dengan kita memahami kita tu dapat mengingatnya, kita mendapat manfaat dari apa yang kita baca.
Beda banget kan saat baca yang bahasa Indonesia, kalo buat aku loh. Kadang bacanya asal cepet aja, dan aku kadang meskipun bias ngereview, tapi aku ga begitu paham dengan isi jurnal itu. Kan parah banget. Nilai dapet, tapi ilmu ga dapet.

3.   Nah ini, waktu aku nulis “ Makalah Kuliah Sistematika Hewan (Orcinus orca) atau paus pembunuh, aku kan dapat bahannya dari suatu web gitu, hasil tulisan seseorang. Nah karena sangat menarik aku pengin baca, akhirnya aku printout dan dibaca. Wao ternyata sangat meneyenangkan sekali, mungkin bias karena subyek penulisannya yang menarik minatku, tapi juga karena aku artikan juga dari bahasa inggris ke bahasa Indonesia, aku jadi paham. Dan menjadi sangat lancer saat mempresentasikan tentang subyek tersebut.

Kesimpulannya adalah kita itu mendapat manfaat dari menulis itu sudah dimulai saat kita itu mulai menentukan apa yang akan kita tulis. Jadi saat kita menulis itu adalah BUAH kepahaman kita dari suatu HAL terlebih dahulu. Jadi kalau nulis itu jangan ngawur, tapi dikonsep dulu, sehingga semua pihak dapat merasakan manfaatnya. Begituu. .hohohoho

Hohoho, dan aku jadi ketagihan menulis, makanya aku jadi seneng ngetik juga sekarang. Oya kalau mau bikin artikel di blog mending bikin draftnya di Word aja, jadinya tinggal copas  aja ke blog ntar. Soalnya kalau di Word itu formatnya lebih rapid an kita bias ngeliat keseluruhan apa yang kita tulis, ga seribet waktu nulis langsung di blog.

Oya, setelah melihat blog seorang temen, hehehehe, ada manfaat lain lagi sih dari menulis. Tulisan itu bias jadi sarana pencurahan rasa GALAU yang sekarang ini jadi tren dimana-mana. Dikit-dikit galau ini lah, itu lah. Terutama soal cewe atau cowo. Nah dengan menuliskan rasa kegalauan kita itu, minimal kita jadi ga begitu menggila di dunia nyata. Hahahahah. Heran aja, ngeliat orang yang menit ini manyun geje gitu, setengah jam kemudian udah lompat kegirangan. Trus manyun lagi. Waaa. .gajelas deh pokok. Tapi ya gapapa lah. Yang penting kan tersalurkan. Dan lagi, bila ditulis di blog, buat penulis sih GALAU nya jadi setengah hilang, buat para pembacanya pun tidak serta merta merugi saat baca itu tulisan. Bias aja malah jadi ngakak guling-guling! Hahaha!

Soo, buat yang mau sharing ilmu, yang lagi sedih, buat yang lagi GALAU, buat yang butuh doa dan pengharapan, buat yang mau merasa ingin bermanfaat untuk orang lain, dan siaaaapa saja. Marilah menulis.
                                                                               

No comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar. .