Monday, December 20, 2010

Tidak Sulit

Kata temanku yang pertama,
"Hidup itu dinikmati, jangan dibikin mindset negatif, make brain-wave biar hidup lebih tenang, gituu."
Aku pun angguk-angguk.
Kala itu, sekitar pukul 22.00 di kampus kita tercinta, tepatnya di mushola, kita berbicara banyak tentang kehidupan kita masing-masing. Menyenangkan memang. Padahal agenda kita saat itu adalah mengerjakan laporan untuk esok paginya.
Dia pun menyanyi,
"Hidupmu indaah bila kau tahu, jalan mana yang benar. . ."
Bagus memang. Tapi lebih baik aku diam, sembari mulai menulis kata demi kata di lembar HVS polio bergaris.
Temanku yang kedua nimbrung ke aku,
"Hoe, kamu ngapain e kok diem aja, kekurangan buah dan sayur apa gimana?"
Aku ketawa sinis aja. Ya gara-garanya memang aku adalah orang yang pendiam jadinya susah ngomong juga. Lagi dan lagi aku terus menulis dan menulis.
Akhirnya aku ikutan ngomong,
"Hmm. .kayanya kita lulus dari sini, kita benar-benar serba bisa. Pinter nulis karya ilmiah, pinter nggambar, pinter analisis, pinter ngapalin, pinter disuruh begadang, pinter jadi pendongeng."
Waktu sudah menunjukkan pukul 23.00. Dan sepertinya masih belum ada tanda-tanda laporan selesai. Kita pun menyerah dan memutuskan untuk pulang.
Kataku,
"Hidup itu indah, hidup itu harus ikhlas, hidup itu harus dihadapi. Hidup itu penuh kasih sayang, hidup itu pun penuh cobaan. Hidup itu pilihan, ingin mengejar, ingin berharap, ingin melupakan, ingin mengingat, ingin, dan ingin. Sekali lagi hidup itu pilihan, sekalipun takdir memang sudah tertulis. Karena kita tidak tahu seperti apa takdir kita. Cukuplah untuk meyakini apa yang kamu yakini, dan bertindaklah, sekalipun hal itu mungkin terlihat bodoh bagi orang lain. Namun, ingat konsekuensinya."

"Hidup itu tidak sulit,"

Dan kita pun, lemas, capek, namun kita tetap tertawa bersama menuju kendaraan kami berada. Sepertinya aku akan mengenang saat-saat itu. Saat dimana tidur bagai barang yang begitu berharga. Waktu berjalan seperti berlari. Rumah hanya menjadi tempat singgah sejenak. Kebersamaannya. Kata sesepuh,
"Setelah selesai dalam sebuah kesibukan, sibukkanlah dirimu dengan hal yang lain."

Benar sekali. buatlah jalanmu

No comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar. .