Friday, March 26, 2010

Sel Tumbuhan

Starting at 23.49, March the 25th, 2010

Assalamualaikum, Hmm. .duh kok udah pengen nulis yang lain lagi ya. .T_T padahal si mamut masih belum dikasih gambar. Hikz. . Maaf banget dikarenakan foto tidak berhasil didapatkan, karena saya sendiri pusing banget waktu praktikum, susah banget yang namanya ngeluarin otak, apalagi hewannya imut gitu, bayangin aja waktu mbelah kepala tu jadi dua, ga banget! Sebenernya mindset kek gitu salah juga si.

Nah, pada kesempatan kali ini, pembahasannya mengenai sel tumbuhan, secara umum aja ya. Gak pengen yang rumit-rumit, kan ya ini cuma sekedar ringkasan, bisa ditanyakan kalau memang ada yang perlu ditanyakan.

Kalau dibayangin hotel bintang 5 sebagai sel, nah tiap-tiap ruangnya itulah organel. Tiap ruang ada fungsinya masing-masing, ada yang ngomandoin seluruh personil hotel(Inti sel), ada bagian ngatur suplai makanan(Ribosom), ada bagian ngurus AC(mitokondria), ada yang ngurus pembuangan(lisosom), dan lain-lain. Wow, ternyata bagian tubuh kita yang begitu kecilnya pun masih memiliki unit-unit fungsional lagi!

Ehm, balik deh >> Sel sebagai unit fungsional maksudnya ya itu tadi, menjalankan berbagai fungsi yang paling mendasar dari tumbuhan
>> Sel sebagai unit hereditas maksudnya, meiosis terjadi pada tingkat sel, meiosis lebih lanjut berfungsi pada sistem reproduksi, dan saat terjadi fertilisasi, ovum dan sperma bertemu, maka jadilah individu baru. (hereditas : penurunan sifat)
>> Sel sebagai unit dasar, apa ya maksudnya, duh bingung dalam menutarakan dalam kata-kata

Sel itu dibagi menjadi prokariotik dan eukariotik. Kalo prokariotik itu sel masih belum memiliki membran inti, so isinya inti ( RNA, DNA, n lain2) itu menyebar di sitoplasma. Kalo eukariotik itu udah memiliki membran inti, sehingga isinya inti tu terbungkus.

Sel itu memiliki dua komponen, protoplasmik dan non-protoplasmik. Bedanya gampang aja, protoplasmik tu komponen hidup, kalo yang non itu mati.
>> Protoplasmik >> Organel-organel, Sitoplasma, inti sel
>> Non-Protoplasmik >> Mineral, zat warna

Wew, banyak banget lo Organel yang ada pada sel tu
1) Ribosom >> Pembentukan protein
2) Mitokondria >> Respirasi
3) Plastida >> Leukoplas (tidak berwarna), dan Kromatofora >> Zat warna >> Beberapa untuk fotosintesis
4) Retikulum Endoplasma >> Tempat sintesis protein dan lemak, Tempat menempel ribosom (yang RE kasar)
5) Lisosom >> Berperan pada proses hidrolisis, pembuangan zat yang tidak dibutuhkan sel, fagositosis
6) Apparatus Golgi >> Membentuk kantung (vesikula) untuk sekresi. Terjadi terutama pada sel-sel kelenjar kantung kecil yang berisi enzim dan bahan-bahan lain
7) Sferosom >> Membentuk lilin, kutin, dan suberin, sebagai pembentuk dinding sel
8) Vakuola >> Tempat penyimpanan zat-zat penting, sekaligus pembuangan zat-zat tidak bergua

4 comments:

  1. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  2. Thx infonya buat tugas biologi nh.....
    Susah banget cari2nya heheheheh
    thxxxxxx

    ReplyDelete
  3. mkch infonya yaa????????

    ReplyDelete
  4. makasih infonya..
    boleh bertanya sesuatu, ada yang kurang saya mengerti..
    langsung aja ya..
    1. apakah sel non protoplasmik itu merupakan benda ergas?jika iya..apa ciriciri dari sel tersebut, agar lebih jelas, bisakah anda memberikan contohnya?

    terimakasih..XD

    ReplyDelete

Silahkan berkomentar. .