Friday, March 12, 2010

"Flos alias Bunga" (2)

Start at 18.05, masih pada hari yang sama yakni hari Jumat.

Kembali ke yang tadi, istilah-istilah aneh itu:

Yang pertama bunga lengkap atau tidak lengkap, gampang aja kok, bunga lengkap itu berarti bunganya memiliki perhiasan bunga yang lengkap. Nah yang termasuk perhiasan bunga itu daun kelopak dan daun mahkota.

Yang kedua bunga sempurna atau tidak sempurna, ini juga gampang walau aku juga sempet ragu. Kalau bunga sempurna itu punya putik dan benang sari, sedangkan bunga tidak sempurna itu hanya punya putik ATAU benang sari.

Nah dari paragraf sebelumnya itulah muncul istilah tumbuhan berumah satu dan tumbuhan berumah dua. Tumbuhan berumah satu itu anggap aja kaya banci, punya dua kelamin gitu dalam satu pohon, jadi ada putik dan benang sari. sedangkan tumbuhan berumah dua itu anggap aja kekasih yang sedang berjauhan, jadinya tiap pohon tu pasti jantan atau betina aja.

Bunga tunggal atau majemuk. Dari yang aku tangkap tadi si bunga tunggal tu apabila pada induk tangkai bunga itu cuma terdapat satu bunga. Mirabilis jalapa deh contohnya. Kalau bunga majemuk itu pada induk tangkai bunga itu muncul percabangan, dan dari situ entah ada percabangan berlanjut atau lagsung pada tangkai bunga, dan lebih dari satu, lebih lanjut akan membentuk karangan.

Nah kalau soal tipe-tipe. . .wew bakal lama ni ngejelasinnya, tapi aku usahain deh, semoga cepat bisa aku lanjutin lagi, wassalamualaikum

Finish at 18.16 waktu desktop, gyahahahahah!

No comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar. .