Friday, March 12, 2010

"Flos alias Bunga" (1)

Hari ini tanggal 12 Maret 2010, pukul 17.19. Sebenernya hari bahagia sih, eyangku ultah dan itu berarti makanan di rumah bener2 membludak!! Dan benar! Pukul 11.00 makanan berdatangan dari segala penjuru, 11.30 datang lagi makanan gelombang kedua, sempat mencicipi, kemudian ditinggal sebentar untuk sholat Jumat. Pukul 12.30 terpaksa pulang lagi ke rumah yang berarti aku harus ikut menyiapkan acara juga. DAN >> yang berdampak pada keterlambatan saya dalam menghadiri sebuah praktikum "Sistem dan Perkembangan Tumbuhan >> Flos alias Bunga". Tidak hanya sampai disitu, pretest benar-benar lancar, dari 24 soal hanya 5 biji saja yang saya kerjakan. (Itu masih beruntung, karena seekor teman saya ternyata lebih terlambat lagi!). DAN >> tidak hanya sampai disitu juga, sakitku kemarin masih berlanjut dan semakin parah. . . bla3x, sudah lupakan kesedihan itu, yang jelas aku akan membayar apa yang sudah terjadi di lab tadi, aku coba jelaskan saja disini.

Kesimpulannya, walaupun mungkin aku gagal di lab tadi, tapi aku dapatkan esensi apa yang ada di lab tadi, dan aku tetap masih dapat menjelaskan kembali kepada teman-teman semua.

Nah, 6 spesies tumbuhan diamati dalam praktikum barusan :
1) Bunga Kanthil (Michelia champaca)
2) Bunga Alamanda (Alamanda cathartica)
3) Bunga Melati (Jasminum sambac)
4) Bunga Merak (Caesalpinia pulcherrina)
5) Bunga Soka (Ixora palludosa)
6) Bunga Kelapa (Cocus nucivera)

Nah, sebelumnya kita kudu tahu dulu dong apa si tujuan dari praktikum ini?
Ini nih tujuannya:
1) Mengamati bagian-bagian bunga
2) Mengamati perbedaan bunga majemuk berbatas dan tak berbatas
3) Membuat rumus dan diagram bunga >> ini kayanya aku ga bisa jelasin, aku sendiri kurang paham.

Itu tujuan resminya, tapi sepertinya aku mendapatkan macam-macam dari praktikum tadi, misalnya tipe-tipe percabangan daun, bagian-bagian yang tidak biasa ada pada bunga, yang unik gitu deeh

nih yang pertama si michelia champaca


(http://www.caldwellhort.com/graphics/collector-images/Michelia-champaca-alba-200w.jpg)

Dari gambar di atas udah jelas kan bagian-bagiannya. Pasti pada bingung kok aku nunjukin kelopak sama mahkotanya pada tempat yang sama. Kesusu edit Potosop si iya, tapi sekaligus ngasih tahu juga kalo itu namanya Perigonium, dimana mahkota dan putik itu tidak bisa dibedakan. Termasuk bunga majemuk (berbentuk karangan bunga). Posisi bunga satu dengan yang lainnya itu terpencar. Warna daun putih (Yang waktu praktikum aku tadi).

Wew sepertinya masih banyak yang perlu dijelasin deh sebelum menuju ke makhluk kedua. Misalnya bunga lengkap atau tidak lengkap, bunga sempurna atau tidak sempurna, bunga tunggal atau jamak. Itu masih sedikit. Dari yang aku baca sih masih ada tipe-tipe dasar daun, tipe-tipe mahkota, tipe perlekatan bunga, metamorfosisnya, alat perkembangbiakannya.

So wait a minute ya. Aku mo sholat dulu.
Finish at : 17.57

1 comment:

  1. Hello, I do not agree with the previous commentator - not so simple

    ReplyDelete

Silahkan berkomentar. .