Sunday, March 21, 2010

"Fejeverya sp"(2)



Ni gambar dari yang aku janjiin dulu, aduh maaf banget ya terlambat, banyak kejadian sih. Oiya, starting at 7.09, March 21st, 2010.

Langsung aja, maaf gambarnya buruk rupa, gara-gara kameranya ga kuat kalo foto deket-deket gitu. hikz. Nah dari gambar, disitu ada:
1) Hepar
>> Seharusnya terdapat 3 lobus, mungkin tidak jelas dari gambar, pokok kao kodoknya ga kelainan mesti punya 3 gitu deh. 1 lobus dexter dan 2 lobi sinister. Warna item. Macam lembaran gitu. Fungsi buat netralin racun, bantu pencernaan. Segala macem lainnya.

2) Ovariumdan Oviduct
>> Warnanya item juga, berlekuk-lekuk kecil gitu, punya sepasang, sinister dan dexter. Nah ini gara-garanya si kodok kebetulan cewek. Oviduct-nya yang warna putih. Sama berlekuk-lekuk juga, bagian lanjutan dari ovarium. Sudah tahu kan fungsinya? Sebagai organ reproduksi.

3) Otot

4) Intestinum tenue >> nama lainnya usus kecil.

5) Intestinum crassum >> nama lainnya usus besar.


Sebenernya masih banyak bagian-bagian tubuh lainnya, tapi ya sayangnya kok udah di bedah segala macem kaya gitu, jadi jantung udah copot, paru-parunya tersembunyi di belakang hepar (punya dua juga kok), ada limpa, ginjal, sama kantung empedu, tapi ndak kliatan di gambar.

Y sudah itu saja, semoga bermanfaat yaaa. .

Finishing at 7.28, the same date.

No comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar. .