Monday, March 15, 2010

"Fejeverya sp"(1)

Start at 6.24, March the 15th, 2010

Assalamualaikum wr. wb. Sebelumnya aku mohon maaf banget kepada semuanya kok materi yang ditulis dalam blog ini lompat-lompat ga jelas gitu, hikz tapi ini benar-benar nulisnya itu tergantung mood gt deh. Dan yang tumbuhan kemarin aja belom selesai sekarang udah ganti fejefarya sp. Alasan utamanya ini katak mau aku pake praktikum hari ini, jadi ya sama belajar gitu deh, cz bagian-bagiannya bener-bener ribet buat dihafalin.

Nah yang penting sekarang tahu kan semuanya, kalo yang namanya Fejefarya itu sama dengan katak.

Nih klasifikasinya:
Phylum : Chordata
Classis : Amphibia
Ordo : Anura
Familia : Ranidae
Genus : Fejefarya

Dah itu, sekarang inspectio, masih inget kan apa maksudnya >> jadi dilakukan pengamatan bagian luar tubuh sebelum dilakukan pembedahan.

Caput, atau kepala.
>> disini yang perlu diperhatiin itu bentuknya gimana itu si katak

>> ada yang namanya Organon visus, nah ini sama aja dengan Organ = Organ, Visus = penglihatan, jadi ya itu adalah mata. Nah matanya si katak kan berselaput, itu namanya palpebarae dan membrana nictitans.

>> ada Membrana tympani. Ini semacam membran yang menutupi lubang telinga. Jadi si katak tu ga punya daun telinga.

>> ada Rima oris, bahasa indoneisanya si mulut, wajajajajajaj! Itu keliatan kan kalo mulutnya gedhe banget.


Truncus, atau badan.
>> disini yang bisa diperhatiin bahwa dinding badannya tu lunak, menurut buku sih bilangnya ga ada costae-nya. Bukan sama sekali ga punya tulang loh, namanya aja vertebarata pasti punya tulang belakang paling ndak.


Kemudian bagian Extremitas, gampangnya ngomong itu adalah alat gerak. Ada dua macem, anterior sama posterior.
>> yang anterior >> Brachium, Antebrachium, Mannus, Digiti

>> yang posterior >> Femur, Cruz, Pes sive pedes, Digiti


Nah udah itu aja inspectio-nya, sekarang Sectio. Disini dilakukan pengamatan bagian dalam tubuh si katak. Kebetulan si katak udah dibuka kulitnya minggu lalu praktikum sebelumnya. Caranya itu, siapkan pinset dan gunting. Nah pertama, jepit kulit bagian ventral, di sekitar linea mediana (garis tengah tubuh lah pokoknya), ya udah deh, gunting dari bawah ke atas, buka ke samping. Kuliti sampai habis!! hehe. Nah pokokmen dikuliti, ntar ada bagian muscular-nya yang dibelah juga. Sori-sori belum praktikum, ntar sore deh aku edit lagi, sama sekalian aku tambahin foto si kataknya juga.


Sternum et cingulum pectorale
>> --a ini artinya apa coba! T_T dari yag aku lihat, kayanya si kalo manusia itu sama kaya tulang dadanya gitu. Coba raba deh bagian median dada depan, ada semacam tulang gitu kan.

>> Bagian-bagian sternum:
1) Episternum
2) Mesosternum
3) Omosternum
4) Xyphisternum


>> Bagian-bagian Cingulum pectorale:
1) Epicoracoid
2) Coracoid
3) Scapula


Aku juga kurang tahu ini apa, tapi yang penting ngikut dulu aja yhaaa. . .


Topografi(sutus viscerum thoracis et abdominis)
Si Sternumtadi diangkat,
>> Cor, jantung >> 2 serambi, 1 bilik
>> Hepar, hati >> 2 lobus kiri, 1 kanan
>> Fesica velea >> diantara lobus hepar
>> Pulmo, paru-paru
>> Ventriculus
>> Intestinum tenue
>> Lien
>> Organ genital
>> Ren >> Mesonephros


Systema Cardiovasculare
1) Cor
>> Ventrikel
>> Atrium dextrum
>> Atrium sinisrtum

2) Truncus arteriosus
>> Arteria coratis comunis
>> Arsuc aortae
>> Arteria pulmonalis

3) Arcus aortae melanjutkan menjadi:
>> Arteria iliaca comunis
>> Arteria coeliaco mesenterica
>> Arteria subclavia


Systema Respiratorium
>> Rima glotidis
>> Larynx
>> Bronchus
>> Pulmo


Systema Digestorium
>> Cavitis oris
Pada bagian Maxilla terdapat (a) Os Vomer, (b) Dentes maxilliaris, (c) Palatum, (d) Choane, (e) Nares posteriores.
Pada bagian Mandibulla terdapat (a) Pharynx, (b) Rima glottidis, (c) Ostium tubae auditivae, (d) Lingua.

>>Tractus digestivus
bagian ini tediri dari (a) Esophagus, (b) Ventriculus, (c) Intestinum tenue, (d) Intestinum crassum, (e) cloaca.

>> Glandula digestoria-nya
Hepar dan Pancreas


Systema Urogenitale pada jantan
>> Testis
>> Corpus adiposum
>> Vassa efferentia
>> Ductus mesopnephridius
>> Vesicula seminalis


pada betina
<< Ovarium
<<
<< Pembesaran oviduct menjadi semacam uterus
<< Cloaca


Organa Uropetica
>> Ren
>> Ductus mesonephridicus
>> Vesica urinaria


Systema Nervosum
1) Systema Nervosum Centrale
>> Facies dorsalis
a) Lobus olfactorius
b) Hemisphaerium
c) Epiphyse
d) Mesencephalon
e) Cerebellum
f) Medulla oblongata
g) Fossa rhomboidea
h) Medulla spinalis

>> Facies ventralis
a) Chiasma nervi optici
b) Hypophyse

2) Systema Nervosum Peripherum
>> Nervi spinalis

Alhamdulillah ini juga 1 jam kelar juga. Ya masih belom ada gambarnya, ntar deh aku fotoin si kataknya. Wah sebenernya aku masih bingung juga, ini semua boleh ndak sih dipublikasikan. Tolong dong komentarnya, hikz. .


Sumber masih sama : Buku Panduan Praktikum SPH
Finish at 7.22, the same date.

3 comments:

  1. siang ini juga aku mau praktikum fejervarya sp. gan. hihihii
    semoga aja ragara aku baca blog mu ini, ak tiba" jenius :D

    ReplyDelete
  2. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  3. ini materi kok kayaknya gk asing lagi yak :D
    persis sama bukpan praktikumku..

    ReplyDelete

Silahkan berkomentar. .