Tuesday, March 02, 2010

Paleontologi

Sedikit info saja buat temen-temen yang mungkin tertarik pada ilmu biologi dan kawan-kawannya. ada teman dekat dari biologi sendiri yaitu paleontologi, subyek lebih lanjut setelah mempelajari geologi.

Di paleontologi kita mempelajari berbagai macam fosil makhluk hidup, lalu dimana letak kemenarikan dari teman dekat biologi ini?? (mohon maaf karena baru juga dapet semester ini) sangat menarik bukan, saat kita melihat sebuah fosil, kemudian kita kaitkan dengan bagaimana fosil itu terbentuk, kemudian kita juga mengetahui morfologi 'hewan' itu dulunya, selain itu juga memberi gambaran kepada kita bagaimana keadaan ekologi saat 'hewan' itu masih hidup? Membayangkan beberapa juta tahun yang lalu dimana bumi ini mungkin masih hijau, membayangkan bagaimana keadaan alam masa itu, dan lebih lanjut mendorong kita untuk menciptakan masa lalu yang telah hilang itu kembali?? bukan berarti menghidupkan segala sesuatu yang telah mati, tapi bagaimana kita menjaga 'kehijauan' yang sekarang tersisa, dan kemudian melestarikannya.

Itulah sedikit hal yang membuat saya tertarik dalam mempelajari mata kuliah satu ini, yang notabene cukup sulit. Sst. .bagi yang tertarik, praktikumnya cuma nggambar doang kok + deskripsi dan juga klasifikasi, jadi tidak sulit-sulit banget kan, selain itu juga kita mendapat ilmunya. dan di akhir semester nanti akan diadakan fieldtrip dimana kita dituntut untuk mempraktekkan apa yang kita pelajari selama 1 semester di kelas. istilah lainnya, cari fosil. .hehe

Mohon maaf lama vakum dalam penambahan isi dari blog ini, dan Insya Allah mulai sekarang saya akan mencoba menuliskan materi-materi yang lebih menarik dan merupakan hasil dari apa yang saya tulis sendiri, entah rangkuman materi kuliah, atau sekedar penyampaian informasi tentang mata kuliah-mata kuliah yang diajarkan di biologi. dengan harapan dapat menarik minat pembaca di bidang biologi.

No comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar. .