Monday, April 04, 2016

Lost world (Mungkin saya tersesat)

Ya gini ini kalo udah fakir internet, apalagi di kamar internet kaya di dalem goa. Yaudah ngetik di teras. Ditemenin sama langit gelap, nyamuk berdenging, sama suara truk sliweran samar-samar.

Biasanya jam segini setengah tahun lalu ya main dota, apalah, streaming, ngenet cari bahan kuliah, ngerjain tugas, baca ini itu. Lha sekalinya di sini, ya kaya gini ini, sepi, sunyi, mau kena internet ya ke teras. Subhanallah. Ya sudahlah, gegara cari kos murah, biar blajar hemat, sekalian ngatur pengeluaran satu-satu (rencana pasang net wifi). Ya moga dalam seminggu udah kepasang net nya. 

So where am I?
Above the earth, below the star
We still see same sunrise and sunset
We still see a glowing day and chilly night
We still see fearfull  life, but have to fight
This is life,
and where we still appear

One day we disappear
Just leaving a memory,
usefullness for life
Lets fight when we exist

***

Blah-blah-blah, skip this.

Lets start new material, this is CPOB (Cara Pembuatan Obat yang Baik). Ini semacam panduan yang umumnya dipelajari oleh mahasiswa farmasi, soalnya isinya terkait sama pembuatan obat skala industri. Biasanya panduan ini diikuti oleh industri supaya obat yang diproduksi itu sesuai dan sejalan sama peraturan yang dibuat sama pemerintah. Tujuan secara umum CPOB ini ya itu, memastikan bahwa mutu obat yang dihasilkan (oleh industri) sesuai dengan persyaratan dan tujuan penggunaan.

Mungkin pada bertanya-tanya, kenapa kok harus diatur? Why it should be controlled by such regulation. Why it is just released to the market?

Banyak alesannya, tapi yang pertama dan utama ya kualitas, dan keamanan tu produk buat konsumen. Ga mau dong kalo pada makek obat udah kadaluarsa yang ujung2nya malah tambah parah sakitnya? Ga mau juga dong makek obat yang gak jelas komposisi dan kualitasnya? Bahaya kan, nah makanya perlu ada regulasi buat mengatur ini semua. Mulai dari pembuatan pabrik, bahan baku, proses pembuatan, dan penjagaan kualitas dan mutu diatur di CPOB ini.

Apakah saya sudah master? Sama sekali belum, saya pun sama-sama sedang belajar soal ini, mari belajar bareng-bareng. Buat apa ilmu tinggi-tinggi tapi ga ada kebermanfaatan. Ya sementara ini saya cuma bisa share dikit aja.

Dengan asumsi bahwa versi pdf nya aja ada di google (versi 2012), ga masalah dong kalo saya bantuin share juga. Kali aja ada yang pengen mempelajari buat kuliah, ujian, dan bahkan buat kerja.


Oke, ketemu lagi next time.

Tuesday, March 29, 2016

Lets start sharing again

5 years, it will be a long time, a very long chance to give something. But unfortunately it is only a vacuum time. No advantages being given by this blog. It is only a blog, but before I hope this will become stairway to goodness. Now, after 5 year, I wanna start again from scratch, from pieces, from nothing.

First thing first, this is bilingual. Not always be published in english (so much effort) but also indonesian (maybe better for me). Gak semua yang bakal ada di blog ini bakalan dalam bahasa inggris, tapi juga bakal ada selipan-selipan dalam bahasa indonesia. Toh juga awalnya ini blog juga pakeknya indonesia. Gak ada masalah, sebodo amat aku mah.

Secondly (mumpung pas lagi ingat), if you want to cite a source (usually journal or science article), never cite a blog, never, never. You better ask the blog or web owner to share you about the source about their write. Never cite a blog, although it give you what you want. Your superior will angry with you or even give you punishment by doing that. So from now on (after I get this little knowledge), I will give more effort to provide an appropriate source, so you will be easier to extract the knowledge from that source. For example, I better give you a link to journal site or science article, or even (legally) site that is not a blog, rather than give nothing.

Jangan ngesitasi blog ya!!

Konten di dalem blog ini ke depan nggak akan jauh-jauh dari topik sel, kultur sel, sedikit fisiologi, mungkin juga soal obat dan regulasi. Ya tapi apapun itu masih dalam taraf diskusi, saya ndak berlagak paling jago di bidang ini.

Next content within this blog will be about cell, cell culture, a little about physiology, or maybe about drug an its regulation. Whatever it is, this is about sharing and discussion, I am not even super intelligent about these topics. Just let study an become better together.

Love or Admiration? Almost same, isn't it?


Assalamualaikum. .


Maybe this is a rhapsody, or just a little admiration
But the real is this evanescence haunted me
Maybe this is only a proximity after a misery
But that’s the point!
Such a shoulder where head can lie on
But, this is all on my perception
Maybe It’s all just. .on my mind?


Thanks,
Although I imagine while we spend the rest of our life
Laugh then laugh. . ! I don’t care
Although I wish, I don’t know how to try
Underestimate then. . !
Now, I will make a perfect me first,
“Good person is for the good one, Bad person is for the bad one”
I want say something before that ‘nightmare’ come,
“I need, and I miss you. But I won’t force you either.
I confuse, this is a love or just an admiration. .But it’s really really. .
make me silence as usual,
make me want to help you,
make me want to care about you,
make me want to give advice.
But I think it precisely disturb you, I’m really sorry. . .


At last,
Be Sholehah, be a good daughter to your mam, good mam for your child.”


While you read, forget it immadiately. And think that you never read this. Because this is only a word. Is there any meaning while it can’t be summoned to reality? No,there is not. I think you will think the same as me. But these words are all from my heart. It is like a cancer which destroy from the inside, while kept and kept inside. Thanks to Allah, make me think of death while I pray. The one I will say last maybe a chain word of pray for my mam. .


Okey then wassalamualaikum

Wednesday, September 28, 2011

Yea. . Di Selatan Jogja sono ada mercusuar kuno nya lo. .









Yea. .ini lo. .nyangka ndak kalo di selatan sono ada satu pantai yang punya mercusuar model kuno gini? heheh. . Lumayan menghibur si soalnya belum pernah ngeliat mercusuar secara nyata sebelumnya sih.

Ni pantai gak jauh kok dari Jogja, Cuma ke arah Parangtritis sono tuh, Cuma ntar sebelum nyampe (kira2 abis Bantul kota, di Barat jalan ada selokan gedhe itu), ntar mulai perhatiin jalan aja. Ada penunjuk jalan menuju arah Pantai GOA CEMARA. Ikutin tu jalur, nyampe diujung ntar tu jalan misah jadi 3 arah lagi. Tinggal pilih aja, satu ke pantai GOA CEMARA, satu ke pantai yang ada ni mercusuar, dan satunya lagi gak tau. Gak sempet ndatengin soalnya =D

Kenapa kok GOA CEMARA?? Bego banget ya kedengerennya ni nama. Tapi kalo dah nyampe lokasi ngerti deh mengapa demikian. Soalnya ni pantai unik. Daerah sebelum pantai bener2 tertutup sama deretan pohon cemara yang rimbun banget, jadi mirip gua gitu. Ya memang si belum mencapai ketinggian hingga setinggi yang di hutan-hutan subtropics sono. Tapi toh ntar juga bakal kayak gitu 20 tahunan lagi. ^^b Jadi goa beneran ntar!! =D

Karakter pantainya si sebenernya mirip sama depok atau parangtritis (sependek yang aku tahu). Pasirnya item, ombak gedhe, gak berkarang, angin kenceng, dan pasti tuh. . .dilarang buat terlalu deket ke badan air. Hahahaha. So, nilai lebihnya disini apa dong?? Ya gatau juga aku, tapi seneng juga kemarin bisa duduk-duduk di bawah tu pohon cemara, sejuuk. Dan jangan dikira deretan ni pohon Cuma puluhan meter yaa. . Ini panjaaaaaang banget. Kayanya si ratusan meter. Wao!! Dan dalam hati berpikiran, “Asik tuh buat dicangkok dahannya, bisa laris manis buat pohon peneduh kalau dijual ke kota. Hahahaha =D Tapi jangan deh. Jangan sampai merusak arti penting keberadaan ‘khas’ dari pantai tersebut. Dan sapa tau juga itu pohon dimaksudin seperti mangrove kalo suatu saat ada ombak yang Overload pengen main-main jauh ke daratan. Hohoho ^^

Nah kalo pantai satunya sih, gak sampai ke pantai kita mainnya. Cuma mandeg sampai ke tu mercusuar trus naik. Tinggi juga, katanya 50 meter. Pendapat temen si itu terlalu horror buat dinaikin, gara2 tangga terakhirnya tangga vertical gitu =D

Mampir yaaa. . Tapi inget beberapa hal ini: Jangan buang sampah sembarangan, jangan mengeksploitasi ‘sesuatu’ yang ada disana, patuh sama aturan, usahakan ramah sama orang-orang yang ada disana, dan ati-ati di jalan. Hohoho =D Buat penikmat ombak besar, ini sip kok, Cuma ya sayangnya pasirnya itu, ,ngebikin si air lautnya rada gelap n ga bening gitu. Jadi terkesan kotor,  n pikir2 buat nyemplung, minimal basah kuyup lah. ^^ Soalnya kalo model pantai berkarang kaya di gunung kidul sono, emang bening sih airnya, tapi ombaknya gak gedhe je. Jadi kalo pengen ngrasain nikmat sensasi terhempas oleh ombak jadi rada susah.

 Ini penampakan cemaranya


 Ini di dalem salah satu bagian cemara-cemara itu (Aku yang moto)

 Ini aku sebagai korban (Mungkin ni berjudul 'Orang Gak Pengin Idup')
 Ini dari mercusuar (bukan di puncaknya)


Na ini baru dari puncaknya

Saturday, September 10, 2011

Setelah Sekian Lama


HAAAAAII. . .Subhanallah lebih dari sebulan ndak nulis apapun disini. Parah banget ya, padahal momentum yang baik banget buat berbagi nasehat, ilmu, kisah inspiratif, maupun pengalaman-pengalaman lainnya. Tapi ya udahlah dah lewat, ndak perlu disesali.

Assalamualaikuuuum!! ^^b Seneng deh, ni jari dah mulai ngetik-ngetik lagi di Word. Hmmm. .gimana ramadhan kemarin? Hayo pada bolong gak tuh yang cowo? Kalo yang cewe si maklum. Buruan di qodo’ ya mumpung ada waktu ni lo. Trus habis itu Puasa syawal, trus lanjut deh puasa-puasa lain yang biasa dolakuin temen-temen. Oke oke?? Semoga di bulan ramadhan kemarin pada mendapatkan hikmah ya, dan ada peningkatan-peningkatan untuk menyongsong ramadhan tahun depan supaya lebih baik lagi. Kalo menurut pendapatku pribadi sih ramadhan itu punya dua sisi manfaat, yakni sebagai bulan pelatihan amal perbuatan serta sebagai bulan pembuktian amal perbuatan itu juga. Hoho aneh ya, tapi ya bisa aja lo (namanya juga pendapat). Jadi gini nih, selama sebulan penuh waktu itu kita jadi sering bangun malem buat sahur, rajin baca quran dan sholat malem juga, trus kadang dipaksa juga buat subuhan di mesjid, sering diajakin keliling cari mesjid buat terawehan bareng-bareng, ato cari takjil rame-rame, ato cari tempat kajian. Ada juga yang aktif di kegiatan sosial kek ngasi pelajaran buat adek-adek yang masih SD, ngajar ngaji, ngumpulin barang-barang bekas buat disumbangin, macem-macem lah. Dan itu selama sebulan. Bukannya sebenarnya itu semacam pelatihan pembentukan pribadi buat kita ya? Nah setelah ramahan selesai. .mau dibawa kemana tuh kebiasaan-kebiasaan itu buat 11 bulan kedepan???? Ditinggalin, kembali lagi jadi orang ‘normal’? atau tetep tetep aja?? Atau ditingkatin??? Ya memang situasi dan kondisi sangatlah berbeda dengan ramadhan. Saat ramadhan semua kebaikan bernilai sangat tinggi, dan di bulan-bulan lain lebih rendah. Tapi ini bukanlah alasan untuk mengurangi usaha kita dalam melakukan kebaikan-kebaikan to?

Manfaatkan momentum sebuah ramadhan yang telah usai untuk menjaga konsistensi kita dalam beramal dan beribadah serta hal-hal lain (Yang bisa dibayangkan sendiri seperti apa bentuknya, macem-macemnya). Inilah manfaat ganda sebuah bulan ramadhan. Di satu sisi sebulan penuh kita berlatih berlatih dan berlatih. Dan saat ramadhan itu usai, kebiasaan-kebiasaan yang sudah tertanam itu kita teruskan, tingkatkan, dan modifikasi (maksudnya, kan ada tuh. . kaya misalnya terawih, ya diganti tahajud. Ato kalo pengen puasa ya puasa senin kemis. Trus tetep keliling memakmurkan mesjid buat jumatan atau shalat-shalat wajib). Banyak kok yan bisa dilakukan. Apalagi sebuah kebaikan. Jangan pernah anggap remeh amal yang kecil karena dengan niat yang benar sebuah amal kecil bisa bernilai besar. Dan sebaliknya, amal yang besar dengan niat yang salah pun bisa mencelakakan kelak, entah di dunia atau di akherat besok. Dan terakhir, setelah masa-masa 11 bulan pembuktian konsistensi kita, maka tibalah kita sambut ramdhan tahun depan dengan pribadi yang Insya Allah lebih baik dari tahun sebelumnya. Oke oke oke?

Oya, maaf bisa kapan aja kan? Mohon maaf sebesar-besarnya ya apabila ada ini itu yang kurang berkenan dalam blog sederhana punyaku ini. Maaf banget. Hoho. Dan buat ketidakupdatenannya blog ini selama sebulan lebih yang mungkin kurang berkenan. Mohon dimaafkan juga yaaaa.

Mari kita sambut bulan bulan baru, minggu minggu baru, hari hari baru, jam jam baru, dan saat saat yang setelah ini, dengan selalu menjadi lebih baik daripada sebelumnya. Namun apabila ada kalanya terhenyak, terhenti, jangan pernah menyerah untuk memulai lagi lagi dan lagi. ^^b

Dah gitu aja, met tiduuuurrrr!! Wassalamualaikum. ,


Sunday, July 31, 2011

Ramadhan


Assalamualaikum, Subhanallah sudah lama sekali aku ndak nulis sesuatu di blog ini ya. .hoho kurang ada kejadian berkesan sih, jadi ya ndak menuliskan sesuatu juga. Maaf ya.


Yah, seperti yang kita ketahui kawan-kawan semua, bahwa hari ini adalah terawih kita yang pertama di bulan ramadhan ini. Hayo udah pada bikin list belum buat apa aja yang ingin dicapai pada bulan suci ini? Bantu kasih masukan yaa. . . semoga bisa bermanfaat ini.
1.       Tadarus Alquran
2.       Hafalan Alquran
3.       Terawih di masjid
4.       Berburu kajian ramadhan di masjid-masjid terdekat
5.       Berburu tempat sholat baru
6.       Menghidupkan malam dengan membaca (apa aja)
7.       Mencatat setiap kajian yang diikuti
8.       Subhanallah apa bila mampu, ikut berpartisipasi dalam kegiatan ramadhan untuk anak-anak (Jadi semacam pembimbing)
9.       Mengajar ngaji
10.   Tidak banyak tidur dan malas-malasan
11.   Banyak olahraga (mantap lo)
12.   Silaturahim ke tempa kerabat dan sahabat
13.   Sholat wajib gak boleh bolong
14.   Sholat sunnah ditingkatkan
15.   Belajar fiqih romadhon
16.   Mencoba melakukan sunnah-sunnah nabi yang kecil-kecil
17.   Subhanallah kalo bisa, berdakwah secara langsung atau mungkin memberi nasehat-nasehat secara online
18.   Banyak bersedekah
19.   Untuk sebulan saja, jangan menolak pengemis, dan bahkan apabila setiap hari bertemu dengan orang yang sama
20.   Memberi makan orang berpuasa (ini yang masak ngundang buka bareng teman-temannya, hehe)
21.   Hoho, sebenernya tergantung kreatifitas serta fungsi sosial masing-masing individu saja, dalam mengembangkan kegiatan yang dapat dilakukan. Ini cuma sekedar masukan saja kok
Yoow. .be the winner for this holly month! As I usually talk to some person. “Beginning of the End” > Everything has an end, but actually while we got into an end of something, it means it is a new beginning for another thing. And this month is ‘the end’ of the year before. But how good we do here, how good we improve ourselves here is ‘the beginning’ for the next eleven years. So improve! Improve! Improve! It’s no matter how many times we do faults, but the matter is how many times we can correct our faults and becoming a person ‘with improvements’

Happy Ramadhan all ^^b semoga barokah! Full of blessing and joy.